Headlines News :
Toko Obat Fogging
Coba-Coba
Jual Obat Fogging][Harga Obat Fogging
Home » , » Tes Personaliti : Histeris

Tes Personaliti : Histeris



Personaliti Histeris adalah orang-orang yang mempergunakan gejala-gejala fisik untuk menyelesaikan konflik-konflik psikis yang sulit. Atau orang yang mempergunakan gejala fisik untuk menghindar dari tanggungjawab yang besar. Berbeda dengan hipokondriasis yang cemas terhadap kesehatan badannya, Personaliti Histeris sebenarnya tidak cemas terhadap kesehatan fisiknya, tetapi menutupi kecemasan psikisnya dengan gejala fisik. Dengan demikian adanya gejala fisik baru terjadi bila ada konflik psikis yang hebat. Gejala fisik yang diperlihatkan juga hebat, misalnya kejang-kejang, pingsan, dan berbagai gejala fisik lainnya. Pada keadaan dimana tak ada konflik, maka jarang terjadi keluhan gangguan fisik. 

Jadi sebenarnya perlu dibedakan antara histeris, depresi, dan hipokondria. Akan tetapi perbedaan tersebut tidak mudah, karena personaliti yang satu berkolerasi dengan yang lain. Malah sering terjadi personiliti yang satu dengan yang lain saling tumpang tindih. 

Sampai seberapa jauh Personaliti Histeris Anda, coba uji dengan pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Jawablah "YA" bila sesuai dengan Anda, dan "TIDAK" bila tidak sesuai dengan Anda.
  1. Aku sering merasa seluruh kepalaku sakit.
  2. Aku senang membaca berita kejahatan di surat kabar.
  3. Aku senang cerita detektif dan cerita yang menyeramkan.
  4. Aku rasa lebih baik tutup mulut bila dalam kesulitan.
  5. Aku kira banyak orang yang suka melebih-lebihkan kemalangannya untuk memperoleh simpati dan pertolongan orang lain.
  6. Aku tidak takut atau terganggu melihat darah.
  7. Kadang-kadang aku tidak mengerti mengapa aku marah dan mengomel.
  8. Aku biasanya bertanya-tanya tentang latar belakang alasannya, apabila ada orang yang berbuat sangat baik terhadapku.
  9. Aku sering kehilangan kesempatan baik karena ragu-ragu membuat keputusan.
  10. Aku mendongkol bila orang dengan cerdik menipuku, sehingga aku harus mengaku kalah.
  11. Aku sering harus berusaha keras untuk menyembunyikan rasa malu.
  12. Aku belum pernah jatuh pingsan.
  13. Waktu berjalan aku sangat berhati-hati, agar tidak salah injak.
  14. Aku mudah naik darah dan cepat reda kembali.
  15. Aku dapat bersikap bersahabat terhadap orang yang melakukan hal-hal yang menurut hematku salah.
  16. Lebih aman untuk tidak mempercayai seorangpun.
  17. Setiap hari aku minum banyak air.
  18. Aku cenderung untuk tidak menyapa orang lain, sebelum mereka menyapaku terlebih dahulu.
Setelah Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, maka cocokkanlah jawaban Anda dengan kunci di bawah ini. Beri nilai satu untuk jawaban yang cocok. 
  1. Ya
  2. Tidak
  3. Tidak
  4. Tidak
  5. Tidak
  6. Tidak
  7. Tidak
  8. Tidak
  9. Tidak
  10. Tidak
  11. Tidak
  12. Tidak
  13. Tidak
  14. Tidak
  15. Ya
  16. Tidak
  17. Tidak
  18. Tidak
Sangat tinggi bila poin Anda > 15
Tinggi bila poin Anda 11 - 15
Rata-rata bila pon Anda 6 - 10
Rendah bila poin Anda 3 - 5
Sangat rendah bila poin Anda < 3

SANGAT TINGGI
Bila Anda memiliki nilai setinggi ini, maka Anda merasa diri Anda banyak konflik-konflik psikis yang belum terselesaikan. Anda merasa bahwa konflik-konflik itu sangat berat. Di samping itu Anda merasa bahwa Anda menderita gangguan fisik. Anda tidak sadar bahwa gejala fisik itu disebabkan oleh konflik psikis tersebut. Bila tidak terdapat konflik psikis, maka Anda jarang sakit Dalam hati kecil Anda, adanya gejala fisik ini sangat menguntungkan, karena dengan demikian Anda mendapat perhatian yang lebih dari biasa. Anda biasanya mudah menangis dan mudah terharu. Dalam pekerjaan biasanya Anda mendapat simpati yang berlebihan. Bila Anda malas belajar dan mendapat nilai yang buruk, Anda sering menyalahkan tubuh Anda yang sering sakit. Begitu pula bila ada tugas yang berat, maka Anda langsung jatuh sakit. Bila Anda terhambat dalam karier Anda, sebaiknya konsultasi ke psikiater.

TINGGI
Teman-teman Anda mengatakan bahwa Anda emosional dan mudah tersinggung. Anda sering mengeluh sakit, biasanya Anda tiba-tiba pingsan. Anda merasa bahwa sebenarnya penyakit fisik ini tidaklah terlalu mengkuatirkan. Akan tetapi Anda juga yakin bahwa Anda mempunyai persoalan yang berat melebihi orang lain. Biasanya konflik berkisar pada masalah cinta, keluarga, atau finansial. Jarang masalah pendidikan/sekolah/pekerjaan. Biasanya Anda termasuk orang yang populer, pandai, dan rajin. Akan tetapi sering terhambat karena sering merasa sakit/tegang/cemas.

RATA-RATA
Teman-teman Anda mengatakan bahwa Anda dapat mengendalikan dengan kuat emosi Anda. Pada umumnya Anda jarang mengeluh dan jarang sakit. Anda cukup pandai, tetapi kurang menonjol karena Anda agak malas melakukan sesuatu. Bila Anda lebih rajin dari sekarang, pasti Anda akan mendapat nilai yang lebih baik. Bila Anda karyawan, Anda akan lebih sukses bila dapat menarik perhatian atasan Anda. Biasanya Anda malas mengambil muka, karena itu karier Anda terhambat.

RENDAH DAN SANGAT RENDAH
Anda jarang mengeluh dan jarang sakit. Anda menaruh kepercayaan kepada orang lain dengan cukup baik. Teman-teman Anda mengatakan bahwa Anda sedikit sombong dan kurang berperasaan. Anda merasa bahwa Anda harus jauh lebih sukses dari sekarang. Kesalahan yang terbesar dari diri Anda adalah kurang dapat menarik perhatian atasan/supervisor/guru Anda. Anda terlalu mengandalkan rasio. Bila Anda mau, sebenarnya banyak hal yang bisa Anda dapat. Asal Anda tidak selalu mengandalkan rasio Anda.

Share this article :

0 komentar:

Obat Fogging
Iklan-2
Iklan-3
Wahana Agen Bekasi
 
Support : Satpam Gaul | Berlibur Yuk | Toko ESTA | Kings Shop 021
Proudly powered by Blogger | JESSKA Shop | BOS Pestisida
Copyright © 2013. PEST CHEMICAL - All Rights Reserved | Mario Rio Shop
Toko Obat Fogging