Headlines News :
Toko Obat Fogging
Coba-Coba
Jual Obat Fogging][Harga Obat Fogging
Home » , , » Musuh Alami Rayap (Ekologi Rayap)

Musuh Alami Rayap (Ekologi Rayap)



Musuh alami rayap dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu predator, parasit, dan patogen. Dalam siklus hidupnya, ketika laron terbang keluar sarang merupakan saat yang rentan diserang predator dan parasit. Kita dapat mengendalikan rayap secara alami, bila kita mengetahui musuh alami rayap.

Predator yang menyerang laron ketika terbang diantaranya burung pemakan serangga, kelelawar pemakan serangga, dan capung. Selain itu, pemangsa lainnya berupa katak dan ikan. Ketika laron mendarat di permukaan tanah pun tidak lepas dari serangan predator seperti semut, kumbang, kalajengking, dan laba-laba. Semut merupakan predator yang cukup ganas menyerang rayap hingga ke dalam sarang rayap. Predator rayap juga bisa berupa mamalia besar seperti trenggiling, tupai, landak, dan beruang yang mampu membongkar sarang rayap. Jenis predator yang mampu mematikan rayap adalah semut, kumbang, kalajengking, dan laba-laba.



Predator rayap sering melakukan strategi penyamaran kimiawi (chemical camouflage) ketika melakukan penetrasi ke sarang rayap  Contohnya serangga predator rayap yang memiliki banyak kelenjar untuk menghasilkan senyawa alkohol alifatik 3 oktanol dan 2 undekanol. Senyawa tersebut mampu menghambat rayap melepaskan senyawa peringatan dininya (alarm feromon) ketika predator memasuki liang kembara di dalam sarang rayap  Predator semut mampu menghasilkan suatu senyawa (dari mandibelnya) yang menyebabkan rayap tidak bisa mengenali pemangsanya.

Ada juga beberapa jenis patogen yang mampu mematikan rayap walaupun masih dalam skala laboratorium. Patogen tersebut diantaranya jamur patogenik Entomophora apihidis dan Sporotrichum globuliferum yang mengakibatkan kematian pada rayap Nasutitermes sp. dan Reticulitermes flavipes. Beberapa jamur patogen lainnya adalah Metharizium anisoppliae, Conodiobolus coronatus, dan Beauveria bassiana yang mampu menyerang rayap dan mematikan biakan rayap.



Keberadaan koloni rayap akan memberikan keuntungan terhadap lingkungan. Aktivitas mereka sangat berpengaruh terhadap komposisi mineral (kalsium, silika, besi, magnesium, dan alumunium), bahan organik, nitrogen, infiltrasi air, dan produksi metana. Namun masalah bisa muncul ketika rayap membangun sarangnya di permukaan tanah.

Share this article :

0 komentar:

Obat Fogging
Iklan-2
Iklan-3
Wahana Agen Bekasi
 
Support : Satpam Gaul | Berlibur Yuk | Toko ESTA | Kings Shop 021
Proudly powered by Blogger | JESSKA Shop | BOS Pestisida
Copyright © 2013. PEST CHEMICAL - All Rights Reserved | Mario Rio Shop
Toko Obat Fogging